Rabu, 20 Agustus 2014

Review Film Cosmos: A Spacetime Odyssey (Kelompok 6 - Breksi)




Cosmos: A Spacetime Odyssey adalah sebuah film sains dokumenter. Film ini merupakan pembuatan ulang dari Cosmos: A Personal Voyage yang diproduksi oleh Carl Sagan yang populer pada tahun 1980-an. Serial Cosmos kali ini disajikan dengan efek visual modern dan dibawakan oleh Neil deGrasse Tyson yang merupakan seorang ilmuan, sekaligus science comunicator.

Pada episode “The World Set Free”, Neil mendiskripsikan tentang global warming yang merupakan dampak dari kegiatan manusia. Penjelasan Neil diawali dengan menjelaskan sejarah planet Venus yang dahulu mempunyai lautan. Namun, karena efek gas rumah kaca yang terjadi di planet Venus sangat kuat, lautan tersebut menguap habis. Tingginya suhu di planet Venus pun telah membakar robot Venera yang dikirim Russia hingga tidak mampu beroperasi.
Neil juga menjelaskan bahwa peningkatan jumlah karbon dioksida yang dilepas ke atmosfer dapat mempengaruhi iklim bumi dalam kaitannya dengan efek gas rumah kaca serta jumlah karbon di atmosfer yang terus meningkat terhitung sejak abad 20. Bukti-bukti yang didapat melalui investigasi ilmiah menunjukkan bahwa peningkatan karbon merupakan akibat dari manusia yang mengonsumsi minyak, batubara, dan gas, juga didemonstrasikan di episode ini.
Kemudian, Neil menunjukkan arti penting dari memanen energi matahari sebagai sumber energi seperti penemuan Augustin Mouchot solar-driven motor dan Frank Shuman solar-based generator. Neil juga menekankan bahwa mengubah pola konsumsi energi ke sumber energi matahari yang lebih bersih merupakan solusi dari masalah perubahan iklim dan hal ini mampu menyelamatkan bumi agar tidak bernasib seperti Venus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar